Thursday 2 February 2017

Sebelum Mengajukan Judul, ini yang harus kita Lakukan

Cara Pemilihan Judul Skripsi Teknik Informatika


Waduch, ketika ditanya kapan selesai ?
pertanyaan ini yang akan membuat anda bingung, apalagi ketika kita sudah menuju ke semester 8.
ketika orang bertanya kapan selesai jadi ini berkaitan dengan 

SKRIPSI

hahaha bukan krispi nahh

nahhh, untuk menuju yang namanya skripsi itu kita harus memperhatikan bibit bobot dan bebeknya, hahaaha, karena kenapa banyak mahasiswa yang belum tahu standar dari judul yang mereka usulkan, misalkan tentang varibel, variabel juga menjadi penentu untuk tingkat kesulitan dalam menyusun skripsi, nah jadi untuk tau apa itu variabel silahkan tanya mbah google.
Banyak mahasiswa yang bingung pada saat memilih judul skripsi teknik infomartika. Tak sedikit mahasiswa yang sudah memilih judul skripsinya tapi langsung ditolak mentah mentah oleh dosen (ngenes sekali mahasiswa yang satu ini hehe). Kamu jangan bingung untuk memilih judul skripsi, saya akan bantu anda memilih judul skripsi dengan langkah langkah di bawah ini :
1)      Cari topik utama yang akan dibahas 
Untuk mencari topik utama yang akan dibahas caranya gampang banget. Coba kamu lihat lingkungan sekeliling kamu, pasti masih banyak proses yang manual dan membutuhkan waktu lama. Misalkan kalau kamu pergi ke warung sembako (warung di sini bukan alfam*rt atau sejenisnya ya), pasti di warung itu banyak yang ngutang, kadang pemilik warung tersebut mencatat hutang pelanggannya di buku. Ini sangat manual, sebagai mahasiswa teknik infomatika kamu tau dong caranya supaya lebih otomatis dan modern ? Buat programnya hehe. Nah, sekarang ketemu kan topik utamanya hehe.
2)      Tentukan alasan pemilihan topic
Setelah kamu mendapatkan topik utama, selanjutnya kamu dalami dan cari alasan yang kuat kenapa kamu harus memilih topik tersebut. Kalau dengan topik yang diatas, alasannya sudah jelas yaitu kamu ingin membantu pemilik sembako agar lebih efektifitas dalam manage hutang hutang pelanggannya.
3)      Kuasai topic
Setelah kamu menemukan topik utama dan alasan yang kuat, selanjutnya kamu harus benar benar menguasai topik ini. Caranya gampang banget, kamu cukup basa basi aja ke pemilik sembako nya hehe. Misalkan kamu beli mie terus kamu cukup pakai jurus kepo, kamu tanya tanya ke pemilik sembakonya seperti ini “Bu/om/pakde orang orang di sini banyak yang ngutang ya ?” kalau pemilik sembako menjawab “Ya” maka kamu bisa tanyakan pertanyaan lebih dalam ke pemilik warung tersebut. Kamu harus tanya yang banyak, agar kamu tau apa yang dirasakan oleh pemilik warung.
4)      Merangkai cantik judul skripsi teknik informatika
Nah bagian ini yang menurut saya paling asik hehe. Untuk merangkai judul skripsi yang kamu butuhi hanya sedikit kosakata dalam dunia “Informatika” , seperti : electronic, web, android, mobile, automatic OKe mari coba kita rangkai judul berdasarkan topik di atas ya (berfikir 5 menit, 10 menit, 15 menit) okee ketemu judulnya : Aplikasi Manajemen Hutang untuk UKM berbasis Android .
Yeay sekarang sudah ketemu judulnya, gampang bukan ?  Jadi tunggu apalagi sekarang ? Ayo lihat dan amati lingkungan sekeliling kamu.  Good Luck.


0 comments:

Post a Comment